Senin, 31 Maret 2014

Pentingnya teknologi informasi bagi profesi guru

     Ini adalah pengalaman saya ketika pertama kali saya menggunakan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan pembelajaran.Waktu itu materi untuk kelas 9 masih banyak,sedangkan waktu yang digunakan tinggal sedikit lagi,karena memang kelas 9 waktu belajarnya lebih singkat.Ada beberapa strategi yang saya gunakan mulai dari siswa mencari sendiri materi dari internet,penggunaan powerpoint,film dokumenter,CD interktif dan lain-lain.Akan tetapi yang menjadi kendala adalah buku sumber yang tersedia di perpustakaan tinggal sedikit,bahkan itupun sudah rusak.Biasanya saya merangkum sendiri materi dari BSE kemudian siswa memotokopinya.Tetapi mungkin bagi sebagian siswa hal itu dianggap berat,oleh karena itu saya putuskan megirimkan materi melalui jejaring sosial facebook.
       Ketika saya tanya apakah mereka punya facebook?ternyata sebagian besar mereka punya akun di facebook yang mengejutkan ternyata mereka sudah punya grup tersendiri.Hal ini memudahkan saya untuk mengirimkan materi.Perlahan tapi pasti saya postingkan beberapa power point,rangkuman materi,gambar-gambar ke facebook tersebut.Setidaknya materi yang begitu banyak dapat terkirim sehingga dapat membantu saya untuk kegiatan pembeajaran.Respon siswa pun bermacam-macam,sebagian besar ingin menambahkan saya menjadi teman.Saya ingatkan kepada siswa bahwa facebook itu bukan hanya untuk membaut status saja atau memajang foto tetapi di sisi lain sangat berguna untuk belajar.
       Pengalaman lain ketika saya diharuskan mengirimkan analisis nilai yang begitu banyak (dari 6 kelas) serta ranking kelas yang tidak sempat diprint,maka saya kirimkan lewat email ke bagian kurikulum ,sehingga hasilnya lebih cepat dan lebih irit.Ternyata penggunaan teknologi informasi bagi guru sangat penting.Jika kita tidak memulainya dari sekarang kapan lagi.Saya sudah membayangkan siswa saya mengirimkan berbagai tugas lewat email dan mengunjungi blog saya untuk mendapatkan materi.semoga.

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar