Rabu, 09 April 2014

Manfaat Teknologi Informasi bagi Profesi Guru Mata Pelajaran IPS


MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PROFESI GURU IPS
a.Materi
            Pejajaran IPS adalah mata pelajaran yang paling dinamis karena perubahan dan perkembangannya begitu pesat sehingga menuntut guru IPS untuk senantiasa menambah wawasan terkini melalui berbagai sumber.Karakteristik mata pelajaran IPS ini yang cenderung menghimpun berbagai informasi dari berbagai sumber baik dari buku paket,televisi,radio,internet (web,blog,jejaring sosial,TV digital dll) maka perkembangannya perlu terus diikuti.Ada beberapa alasan mengapa informasi itu terus kita cari karena salah satu ciri khas mata pelajaran IPS adalah penilaiannya subjektif sehingga harus dikaji dari berbagai sumber.Melalui sarana teknologi informasilah cara yang dianggap tepat untuk menambahkan,meluruskan,dan mengaplikasikan materi IPS  yang bukan sekedar teori saja.
b.Penyajian/Presentasi
            Mata pelajaran IPS akan menjadi sangat menarik bagi siswa manakala disajikan dengan tampilan yang menarik.Power Point yang dilengkapi audio(musik) dan visual(gambar,film,animasi) terutama yang berkaitan dengan materi sejarah itu sangat membuat siswa terkesan.Di dalam memorinya tersimpan lebih lama dibandingkan dengan hanya diberi penjelasan deskriptif tanpa adanya media.Siswa cenderung apresiatif terhadap materi yang disajikan dengan cara yang menarik,bahkan merangsang siswa untuk lebih giat mencari informasi lebih luas lagi.
c.Alat evaluasi
             Saat ini sudah berkembang berbagai macam jejaring sosial seperti facebook,twitter,yahoo messenger dan message instan seperti cacao talk,BBM,We Caht dan lain-lain yang dapat digunakan sebagai sarana evaluasi.Dengan e-learning /mobile learning siswa dapat mengakses soal ulangan dan guru dan menampilkan hasilnya melalui jaring sosial.Sehingga dengan cara ini jarak siswa dengan guru tidak dibatasi dengan jarak,ruang dab waktu lagi.Semua bisa serba cepat.Hal ini akan berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran IPS.
d.Manfaat bagi siswa
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.Dengan menggunakan Teknologi Informasi , siswa akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
Secara khusus, tujuan mempelajari IPS dengan memanfaatkan Teknologi Informasi  adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan pelajaran IPS dengan  basis teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari materi IPS  untuk belajar.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi , sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi , sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari-hari.
Jika kita tidak memulainya sekarang maka sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya mata pelajaran IPS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar