MANFAAT
TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PROFESI GURU IPS
a.Materi
Pejajaran IPS
adalah mata pelajaran yang paling dinamis karena perubahan dan perkembangannya
begitu pesat sehingga menuntut guru IPS untuk senantiasa menambah wawasan
terkini melalui berbagai sumber.Karakteristik mata pelajaran IPS ini yang
cenderung menghimpun berbagai informasi dari berbagai sumber baik dari buku
paket,televisi,radio,internet (web,blog,jejaring sosial,TV digital dll) maka
perkembangannya perlu terus diikuti.Ada beberapa alasan mengapa informasi itu terus
kita cari karena salah satu ciri khas mata pelajaran IPS adalah penilaiannya
subjektif sehingga harus dikaji dari berbagai sumber.Melalui sarana teknologi
informasilah cara yang dianggap tepat untuk menambahkan,meluruskan,dan
mengaplikasikan materi IPS yang bukan
sekedar teori saja.
b.Penyajian/Presentasi
Mata
pelajaran IPS akan menjadi sangat menarik bagi siswa manakala disajikan dengan
tampilan yang menarik.Power Point yang dilengkapi audio(musik) dan
visual(gambar,film,animasi) terutama yang berkaitan dengan materi sejarah itu
sangat membuat siswa terkesan.Di dalam memorinya tersimpan lebih lama
dibandingkan dengan hanya diberi penjelasan deskriptif tanpa adanya media.Siswa
cenderung apresiatif terhadap materi yang disajikan dengan cara yang menarik,bahkan
merangsang siswa untuk lebih giat mencari informasi lebih luas lagi.
c.Alat
evaluasi
Saat ini sudah berkembang berbagai macam
jejaring sosial seperti facebook,twitter,yahoo messenger dan message instan seperti
cacao talk,BBM,We Caht dan lain-lain yang dapat digunakan sebagai sarana
evaluasi.Dengan e-learning /mobile learning siswa dapat mengakses soal ulangan
dan guru dan menampilkan hasilnya melalui jaring sosial.Sehingga dengan cara
ini jarak siswa dengan guru tidak dibatasi dengan jarak,ruang dab waktu lagi.Semua
bisa serba cepat.Hal ini akan berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran
IPS.
d.Manfaat bagi
siswa
Siswa
menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari,
mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan
efektif.Dengan menggunakan Teknologi Informasi , siswa
akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
Secara khusus, tujuan mempelajari IPS dengan memanfaatkan Teknologi Informasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan pelajaran IPS dengan basis teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari materi IPS untuk belajar.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi , sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi , sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari-hari.
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan pelajaran IPS dengan basis teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari materi IPS untuk belajar.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi , sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi , sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari-hari.
Jika
kita tidak memulainya sekarang maka sekolah sebagai salah satu institusi
pendidikan yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal. Jika ini terjadi,
usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan dengan sekolah lain. Di satu
sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran
khususnya mata pelajaran IPS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar