Senin, 05 Mei 2014

Pertemuan Kelima dari Mata Kuliah Multimedia


Pertemuan Kelima Dari Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran
          Pada hari Jumat kemarin jam 13.30 seperti biasa kami mengikuti perkuliahan tentang multimedia.Tidak terasa waktu itu sudah masuk ke pertemuan kelima dengan materi Flowcahrt. Materi ini sebelumnya sudah ada pada mata kuliah pemerograman. Dalam materi ini yang diperdalam adalah alur atau alir suatu kegiatan yang digambarkan dalam bentuk bagan. Flowchart itu sendiri merupakan representative diagram yang menggambarkan urutan suatu oprasi program. Fungsinya untuk membantu dalam pemahaman logika problem yang kompleks. Flowchart sangat membantu dalam implementasi program. Dari flowchart yang begitu ringkas harus dijabarkan ke  dalam bentuk storyboard. Tampilan dalam story board antara lain ada scene yang memuat materi tampilan,audio yang memuat suara,video untuk memperlengkap program tutorial dan slide jika digambarkan dalam bentuk powerpoint. Sebetulnya saya sendiri masih kebingungan dalam mengerjakan flowchart,pada awalnya perkiraan saya ketika sedang membuat flowchart seperti sekenanya saja. Ternyata ketika sedang membuat symbol-simbol tidak boleh sembarangan karena tiap bentuk symbol mempuunyai arti sendiri. Sebagai contoh berikut flowchart yang telah dibuat oleh Dr. Irwanto:


Dari symbol-simbol itu dapat  dijelaskan  bahwa:





Dan ini merupakan hasil yang telah saya buat yang telah diperlihatkan pada Pak Irwanto




Flowcahrt yang saya buat ini menggambarkan kegiatan sehari-hari dalam proses pembelajaran . Mulai sari pembukaan, kegiatan inti dan penilaian. Dari flowchart ini akan diuraikan kembali dalam storyboard yang akan dijelaskan pada pertemuan berikutnya.

Curhaaat !
 terus terang Pak Sang Tiers, saya kesulitan ingin mengapload bagan dan slide powerpointnya Pak Irwanto. Saya sempat mengcopy langsung ternyata susah.Kemudian bagan flowcart yang sudah saya buat disimpan ke dalam bentuk PDF ternyata masih sulit diapload.Terakhir saya klik kanan bagan tersebut dan di save as picture...dan berhasil diapload.Senangnya bukan main dapat cara sendiri.Tapi untuk mengapload slide Powerpointnya Pak Irwanto,saya siapkan kamera dari HP  terus difoto dan diapload,alhamdullillah berhasil. Ternyata memakai HP berbasis android susah juga untuk dibuka dengan aplikasi yang ada di window 8. Itu pun saya dapatkan setelahmengotak ngatik fitur-fiturnya.Tapi alhamdulillah selesai juga.Hal ini sesuai dengan slogan "step by step is learning" Senangnya hatiku...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar