Sabtu, 31 Mei 2014

UTS Teknologi Informasi

Jawaban Teknologi Informasi


1. Teknologi Informasi

     a. Pengertian
         Pengertian Teknologi informasi menurut Haag and Keen  adalah seperangkat alat yang membantu anda dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemerosesan informasi . 
b. Perkembangan IT
Ø   Masa prasejarah(….s/d 3000 SM)
Gambar –gambar yang tidak bermakna di dinding gua
Dan alat-alat yang mengahsilkan bunyi dan isyarat
Ø    Masa 3000 SM
Munculnya symbol-simbol yang dibentuk dari pictograph
Ø    Masa 2900 SM
Penggunaan huruf hieroghliph oleh bangsa Mesir Kuno
Ø     Masa 500 SM
Serat papyrus sebagai kertas
Ø    Masa 105 SM
Bangsa Cina telah menemukan kertas
c. Pengelompokan Teknologi Informasi
v  1.Perangkat Masukan
            Perangkat masukan atau input device merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Masukan tersebut berupa sinyal input dari maintainance input.



a)    Perangkat Masukan Langsung
Dalam peralatan masukan langsung, input langsung diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpan media luar. Berikut ini adalah contoh beberapa peralatan masukan langsung.
a.      Mouse
b.      Keybord
c.       Joystick
d.      Scaner
e.       Microphone
f.        CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) Drive
    b) Perangkat Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang tidak langsung diproses melainkan  direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape.key-to-card, dan key-to-disk.
2. Perangkat Pemrosesan (CPU)

Perangkat pemrosesan merupakan pusat pengelolaan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Perangkat pemrosesan terdiri dari
1.      Control Unit
2.      Arithmetic Logic Unit (ALU)
3.      Memory
3. Perangkat Penyimpanan (Storage Device)
            Perangkat Penyimpanan (Storage Device) berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan jua menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Perangkat Penyimpanan dibagi menjadi dua, yaitu memori internal dan memori eksternal.
1.      Memori Internal
      a.       ROM (Read Only Memory)
      b.      RAM (Random Acces Memory)
2.      Memori Eksternal

a.       Harddisk
b.      CD-ROM
c.       Floppy Disk
d.      Flashisk
    4.Perangkat Keluaran (Output Device)
   Perangkat keluaran merupakan perangkat komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja komputer. Contoh-contoh perangkat keluaran sebagai berikut.
     a.      Monitor/Display
     b.      Printer
     c.       Speaker
 d. Komponen dari computer antara lain
        a. hardware : cpu,memory,I/O,device innterconector

b. software :  OS, package application

c. brainware:  end user,programmer analyst manager
e. Kelasifikasi IT
*      menurut sistemnya : embedded IT system,dedicated IT, general
*      menurut ukurannya :  supercomputer, miniframe,mainframe, wrkstain
*      klien – server
f. Manfaat IT bagi dunia pndidikan

1)   sebagai sumber data dan informasi,

2)   sarana pertukaran data dan informasi.
3)   Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat,
4)   Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
5)   Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
6)   Daya tampung meningkat,
7)   Adanya standardisasi pembelajaran,
8)   Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas.
2. a.pengertian computer menurut Sawyer : mesinmultiguna yang dapat deprogram yang menerima data yang diproses dan memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat digunakan
b.sistem computer
Pengertian sistem komputer adalah suatujaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan outputdalam bentu informasi dan juga bisa diartikan elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
3. Perangkat keras
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.Contohnya
*input Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, sebagai contoh input device yaitukeyboard, mouse, touchpad, touch screen, light pen, joy stick, games paddle, barcode, digitizer, scanner, sensor dan voice recognizer.
* Central Procesing Unit (CPU) atau yang lebih dikenal dengan nama Prosesor adalah perangkat keras komputer yang sangat penting dalam memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak.
*Memori merupakan media penyimpanan data sementara pada komputer, memori bertugas dalam jangka pendek atau sekedar transit data dalam menyimpan data sehingga komputer tidak perlu selalu akses langsung ke harddisk dalam mencari dan mengolah data, maka dari itu besarnya RAM menentukan dan membantu kecepatan dari komputer.
4. Perangkat lunak adalah
*      Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
*      Contohnya
Jenis-jenis Software
Terdapat beberapa jenis software, di tinjau dari segi fungsi dan dari segi cara memperolehnya.
Ada 3 jenis tingkatan software dari segi fungsi, diantaranya :
- Sistem Operasi
- Program Aplikasi
- Bahasa Pemrograman

Sistem Operasi 
Sistem operasi atau operating system ( OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan multimedia. Dengan kata lain sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tersebut. Layanan inti umum yang di maksud seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

A.  Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
2. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Dan versi 10.5 (Leopard).
5. Multimedia
a. Pengertian
          Multimedia adalah Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
b. Kaitan multimedia dengan pembelajaran
1.        Fungsi Atensi
Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Seringkali pada awal pelajaran siswa tidak tertarik dengan materi pelajaran atau mata pelajaran itu merupakan salah satu pelajaran yang tidak disenangi oleh mereka sehingga mereka tidak memperhatikan. Media gambar khususnya gambar yang diproyeksikan melalui overhead projector dapat menenangkan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan mereka terima. Dengan demikian, kemungkinan untuk memperoleh dan mengingat isi pelajaran semakin besar.
Fungs
1.   i Afektif
Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah social atau ras.
2.   Fungsi Kognitif
Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaiaan tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
3.   Fungsi Kompensatoris
Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal


6. Internet
a.definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
b. Kaitannya dengan pembelajaran
Manfaat Internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.
Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni:
1. Lembaga pendidikans
      Untuk memperkenalkan kepada orang-orang tentang lembaga pendidika tersebut dengan membuatkan web lembaganya di dalam internet.
      Untuk menghemat waktu dan biaya dalam perekrutan siswa baruMempermudah menarik minat siswa
2.Bagi tenaga pendidik
  1.       Memudahkan mencari bahan materi pembelajaran
  2.       Mencari akses informasi terbaru
  3.       Sarana komunikasi dan berdiskusi dengan siswa melalui jejaring social edukatif
  4.       Mempermudah siswa dalam megimpulkan tugas


3.Bagi peserta didik
  1.       Dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa
  2.       Memudahkan dalam mencari informasi baru dan materi pelajaran
  3.       Memudahkan dalam mengumpulkan tugas
  4.       Mengembangkan intelektual siswa baik secara teoretis maupu terapan
  5.       Memudahkan komunkasi dengan guru




  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar