1. Teknologi Informasi
a. Pengertian
Pengertian Teknologi informasi menurut Haag and Keen
adalah seperangkat alat yang membantu anda dalam bekerja dengan informasi
dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemerosesan informasi
.
b.
Perkembangan IT
Ø
Masa
prasejarah(….s/d 3000 SM)
Gambar
–gambar yang tidak bermakna di dinding gua
Dan
alat-alat yang mengahsilkan bunyi dan isyarat
Ø
Masa
3000 SM
Munculnya
symbol-simbol yang dibentuk dari pictograph
Ø
Masa
2900 SM
Penggunaan
huruf hieroghliph oleh bangsa Mesir Kuno
Ø
Masa
500 SM
Serat
papyrus sebagai kertas
Ø
Masa
105 SM
Bangsa
Cina telah menemukan kertas
c.
Pengelompokan Teknologi Informasi
v 1.Perangkat
Masukan
Perangkat masukan atau input device merupakan perangkat yang memberikan sinyal
masukan kepada sistem komputer. Masukan tersebut berupa sinyal input dari
maintainance input.
a) Perangkat
Masukan Langsung
Dalam peralatan masukan langsung, input
langsung diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpan media luar. Berikut
ini adalah contoh beberapa peralatan masukan langsung.
a. Mouse
b. Keybord
c. Joystick
d. Scaner
e. Microphone
f. CD-ROM
(Compact Disk Read Only Memory) Drive
b) Perangkat
Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang tidak
langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar
seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape.key-to-card, dan
key-to-disk.
2. Perangkat
Pemrosesan (CPU)
Perangkat
pemrosesan merupakan pusat pengelolaan dan pengontrolan segala pemrosesan data.
Perangkat pemrosesan terdiri dari
1. Control
Unit
2. Arithmetic
Logic Unit (ALU)
3. Memory
3. Perangkat
Penyimpanan (Storage Device)
Perangkat Penyimpanan (Storage Device) berfungsi untuk menyimpan data yang
telah dimasukkan dan jua menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Perangkat
Penyimpanan dibagi menjadi dua, yaitu memori internal dan memori eksternal.
1. Memori
Internal
a. ROM (Read Only Memory)
b. RAM (Random Acces Memory)
2. Memori
Eksternal
a. Harddisk
b. CD-ROM
c. Floppy Disk
d. Flashisk
4.Perangkat Keluaran (Output Device)
Perangkat keluaran
merupakan perangkat komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja
komputer. Contoh-contoh perangkat keluaran sebagai berikut.
a. Monitor/Display
b. Printer
c. Speaker
a.
hardware : cpu,memory,I/O,device innterconector
b. software : OS, package application
c.
brainware: end user,programmer analyst
manager
e. Kelasifikasi IT
![*](file:///C:/Users/USERALL/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/USERALL/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/USERALL/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
f. Manfaat IT bagi dunia pndidikan
1) sebagai sumber data dan
informasi,
2)
sarana pertukaran data
dan informasi.
3) Arus
informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat,
4)
Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
5) Aktifitas
pembelajaran pelajar meningkat,
6) Daya
tampung meningkat,
7) Adanya
standardisasi pembelajaran,
8) Meningkatkan
learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas.
2. a.pengertian computer menurut Sawyer :
mesinmultiguna yang dapat deprogram yang menerima data yang diproses dan
memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat digunakan
b.sistem computer
Pengertian sistem komputer adalah suatujaringan elektronik yang terdiri dari perangkat
lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu seperti menerima input,
memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan outputdalam bentu informasi dan juga bisa
diartikan elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan
menggunakan komputer.
3. Perangkat keras
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa
indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.Contohnya
*input Device merupakan
perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memasukkan data
ke dalam memori komputer, sebagai contoh input device yaitukeyboard, mouse, touchpad,
touch screen, light pen, joy stick, games paddle, barcode, digitizer, scanner,
sensor dan voice recognizer.
*
Central Procesing Unit (CPU) atau yang lebih
dikenal dengan nama Prosesor adalah perangkat keras komputer yang sangat penting
dalam memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak.
*Memori merupakan media penyimpanan data sementara pada
komputer, memori bertugas dalam jangka pendek atau sekedar transit data dalam
menyimpan data sehingga komputer tidak perlu selalu akses langsung ke harddisk
dalam mencari dan mengolah data, maka dari itu besarnya RAM menentukan dan
membantu kecepatan dari komputer.
4. Perangkat lunak adalah
![*](file:///C:/Users/USERALL/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/USERALL/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
Terdapat beberapa jenis software, di tinjau dari segi fungsi dan dari segi cara memperolehnya.
Ada 3 jenis tingkatan software dari segi fungsi, diantaranya :
- Sistem Operasi
- Program Aplikasi
- Bahasa Pemrograman
Sistem Operasi
Sistem operasi atau operating system ( OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan multimedia. Dengan kata lain sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tersebut. Layanan inti umum yang di maksud seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.
A. Sistem
Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih
jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam
komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara
bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya
dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain,
dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan
secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga
sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk
menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
Sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
2.
Mac OS,
adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau
Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Dan
versi 10.5 (Leopard).
5.
Multimedia
a. Pengertian
Multimedia
adalah Multimedia diambil dari kata multi dan
media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia
adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan
animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga
mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia
dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio
atau video, teks, grafik dan animasi.
b. Kaitan
multimedia dengan pembelajaran
1.
Fungsi
Atensi
Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan
mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang
berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi
pelajaran. Seringkali pada awal pelajaran siswa tidak tertarik dengan materi
pelajaran atau mata pelajaran itu merupakan salah satu pelajaran yang tidak
disenangi oleh mereka sehingga mereka tidak memperhatikan. Media gambar
khususnya gambar yang diproyeksikan melalui overhead projector dapat
menenangkan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan mereka
terima. Dengan demikian, kemungkinan untuk memperoleh dan mengingat isi
pelajaran semakin besar.
Fungs
1.
i Afektif
Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika
belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat
menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah
social atau ras.
2.
Fungsi Kognitif
Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan
penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar
pencapaiaan tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang
terkandung dalam gambar.
3.
Fungsi Kompensatoris
Fungsi kompensatoris
media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang
memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca
untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan
kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah
dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau
disajikan secara verbal
6. Internet
a.definisi
internet adalah jaringan besar yang saling
berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan
komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem
komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung
bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text,
gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.
Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision
Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
b. Kaitannya dengan
pembelajaran
Manfaat Internet sekarang sudah dapat
dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat Internet sebagai salah satu media
terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa
depan.
Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni:
Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni:
1. Lembaga
pendidikans
Untuk memperkenalkan kepada orang-orang tentang lembaga
pendidika tersebut dengan membuatkan web lembaganya di dalam internet.
Untuk menghemat waktu dan biaya dalam perekrutan siswa baruMempermudah menarik minat siswa
2.Bagi tenaga pendidik
- Memudahkan mencari bahan materi pembelajaran
- Mencari akses informasi terbaru
- Sarana komunikasi dan berdiskusi dengan siswa melalui jejaring social edukatif
- Mempermudah siswa dalam megimpulkan tugas
3.Bagi peserta didik
- Dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa
- Memudahkan dalam mencari informasi baru dan materi pelajaran
- Memudahkan dalam mengumpulkan tugas
- Mengembangkan intelektual siswa baik secara teoretis maupu terapan
- Memudahkan komunkasi dengan guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar