Jumat, 01 Agustus 2014

Digital book


Digital Book
eBook adalah kependekan electronic book atau dalam bahasa Indonesia artinya buku elektronik yaitu file digital yang mirip dengan buku cetak biasa. Hingga saat ini membaca ebook dengan menggunakan computer atau laptop. 

eBook biasanya diterbitkan dengan salah satu dari dua cara seperti di bawah ini:
* Buku yang telah dicetak pada kertas kemudian diubah menjadi format ebook. Dengan semakin populernya ebook reader maka semakin banyak buku cetak yang juga diterbitkan dan dijual dalam format digital (ebook).
* eBook yang memang dibuat oleh individu untuk keperluan pribadi maupun untuk tujuan komersial. Sejak pengguna internet berkembang dengan pesat maka banyak orang yang berbagi pengetahuan dengan menggunakan ebook. Kelebihan utama dari ebook adalah kita bisa membaca pengetahuan dari orang-orang yang tidak memiliki akses untuk menerbitkan pengetahuannya dalam bentuk buku cetak. eBook terdiri dari banyak format (lebih dari 25 format) tetapi yang popular diantaranya adalah : EPUB, PRC/ Mobi (format Mobipocket) , AZW (format Amazon Kindle) dan tentu saja PDF (Portable Document Format).

          Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut. Amazon Menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan Buku elektronik ini, mereka menggunakan buku elektronik semakin populer karena dapat dibaca kapan saja dimana saja dengan Kindle, salah satu tablet luncuran mereka. Buku elektronik dapat dibuka dengan berbagai macam software diantaranya Adobe Acrobat, Microsoft Worddan masih banyak lagi tergantung format yang dimiliki. 




Berikut ini adalah tips dalam membuat ebook. 
1.Langkah Pertama 
Pastikan sahabat sudah menyiapkan sebuah tulisan dalam MS Word yang akan di rubah ke file PDF. Tulisan bisa sahabat peroleh dari internet dengan tema sejenis. 
Mirip seperti saat membuat kliping. Atau mungkin sahabat ingin memuat tulisan sendiri, sah-sah saja. Apapun materinya, siapkan dalam MS word. 
2. Membuat cover 
Untuk panduan membuat cover, dapat didownload di sini -download panduan membuat cover- 
3.Langkah Kedua 
Saatnya mengubah file MS Word ke bentuk PDF. Untuk mengubahnya, ada beberapa cara dengan menggunakan website-website pembuat file ebook pdf secara online, seperti: 
http://www.doc2pdf.net/converter/ 
http://online.primopdf.com/ 
4.Langkah Ketiga 
Upload file MS Word yang ingin diubah ke pdf, dengan cara mengklik tombol browse, lalu pilih file MS Word mana yang akan anda upload & rubah ke pdf yang telah anda persiapkan & simpan di komputer anda. untuk pembuatan ebook lewat primopdf.com kita harus memasukan pula data email kita. 
5.Langkah Keempat 
Klik tombol convert document atau create pdf, lalu silahkan sahabat tunggu selama beberapa saat. 

6.Langkah Kelima 
Begitu file MS Word selesai terconvert ke pdf maka file ebook tersebut dapat langsung kita download di tempat, kecuali untuk primopdf.com kita perlu mendownloadnya melalui email kita, karena file ebook tersebut akan langsung terkirim ke email kita. 
7.Langkah Terakhir 
E-Book tersebut dapat sahabat print untuk menambah koleksi perpustakaan. Atau juga dapat menyimpannya dalam kumpulan CD E-Book sebagai bahan koleksi perpustakaan juga. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar