Minggu, 25 Februari 2024

Mencoba membuat modul ajar

MODUL AJAR KLS 9 IPS INFORMASI UMUM NAMA : ANI KURAESIN,S Pd.,M Pd SEKOLAH : SMP NEGERI 3 LIMBANGAN MATA PELAJARAN : IPS FASE/KELAS : D/IX ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT ( 2 kali pertemuan) KOMPONEN INTI CAPAIAN PEMBELAJARAN TUJUAN PEMBELAJARAN LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan pertama Kegiatan awal Kegiatan guru dan peserta didik waktu 1. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. (Profil pelajar pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia). 2. Guru menanyakan kehadiran peserta didik dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. 3. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep sebelumnya 4. Pemahaman bermakna: perjuangan untuk menggapai kemerdekaan tidaklah mudah ,kita harus berkorban dengan harta,tenaga,pikiran bahkan nyawa 10’ Kegiatan inti 1. Guru membagi peserta didik ke dalam 3 kelompok berdasarkan gaya belajarnya 2. Guru membagikan materi tentang persiapan emerdekaan dengan sub materi “Peristiwa Rengasdengklok” a.Gaya belajar visual Peserta didik diberikan uraian materi dan LKPD tentang awal terjadinya peristiwa Rengasdengklok sampai hari/tanggal 17 Agustus 1945 (proklamasi kemerdekaan) b.Gaya belajar audio Peserta didik menyimak video (https://www.youtube.com/watch?v=GKJaPU0jYqM) tentang latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok sampai Proklamasi kemerdekaan c.Gaya belajar kinestetik Pada kelompok ini peserta didik diberikan naskah (https://docs.google.com/document/d/1daipmg5qQhiXvFE22yswfCG50s3aAt4Dm3cHfUcbpKQ/edit?usp=sharing ) tentang peristiwa Rengasdengklok,kemudian guru membagi peran serta mengatur alur cerita yang disajikan dalam naskah tersebut 3. Guru memotivasi semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran 60’ PENUTUP 1. Peserta didik dibantu guru menyimpulkan materi tentang peristiwa Rengasdengklok 2. Refleksi : Refleksi peserta didik: a. Apa kalian memahami materi yang disampaikan pada hari ini? b. Apa yang kalian lakukan jika tidak memahami materi ini? Refleksi Guru: c. Apa yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran hari ini ? d. Apa yang perlu dipertahankan dalam pembelajaran hari ini ? 3. Guru mengingatkan untuk persiapan prsentasi dari tiap kelompok sesuai tugasnya masing-masing 10’ Pertemuan 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar